Jenis-jenis Bahasa Pemrograman

Dewasa ini, ada ratusan hingga ribuan bahasa pemrograman yang ada di dunia. Mulai dari yang umum dipakai untuk berbagai kebutuhan seperti Python & Ruby, hingga bahasa yang hampir punah tapi masih dipakai hingga sekarang seperti COBOL. Secara umum ada tiga jenis bahasa pemrgoraman:

Bahasa Mesin

Bahasa mesin adalah serangkaian digit biner berupa angka 0 dan 1 yang dimengerti oleh komputer. Karena hanya terdiri dari angka 0 dan 1, manusia akan kesulitan membacanya.

Bahasa mesin memang didesain agar hanya bisa dimengerti oleh komputer agar waktu eksekusinya paling efisien, sangat cepat. Manusia pun sebetulnya tidak perlu membaca kode-kode yang dibaca oleh mesin karena digit biner ini merupakan hasil yang di dapatkan dari program yang ditulis dengan assembly atau bahasa pemrograman tingkat tinggi lainnya.

Bahasa Assembly

Assembly merupakan bahasa pemrograman yang lebih tinggi dari bahasa mesin (masih bisa dibaca dan dipahami manusia) tapi masih lebih rendah dibandingkan dengan bahasa tingkat tinggi (karena menggunakan istilah yang tidak umum dipakai sehari-hari).

Bahasa Assembly menggunakan simbol dan singkatan-singkatan sebagai ganti angka 0 dan 1. Misalnya, perintah untuk melakukan penjumlahan adalah ADD, pengurangan menggunakan SUB, serta perkalian dengan perintah MUL.

Bahasa Tingkat Tinggi (High-level language)

Seiring dengan perkembangan jaman, manusia dapat mengembangkan bahasa pemrograman baru dengan aturan penulisan yang dibuat makin mirip bahasa sehari-hari. Karena aturan penulisannya dalam bentuk yang sangat mudah dipahami manusia, makanya diberi nama bahasa tingkat tinggi.

Mudah dibaca manusia, tapi tidak bisa dimengerti oleh mesin. Oleh karena itu, kode yang ditulis dengan bahasa pemrograman tingkat tinggi perlu di proses (kompilasi) agar bisa dimengerti oleh komputer. Karena ada proses penerjemahan tadi, bahasa tingkat tinggi menjadi lebih lambat dibandingkan dengan Assembly.

Beberapa contoh bahasa pemrograman tingkat tinggi yang populer adalah:

  1. Java
  2. Python
  3. C/C++
  4. PHP
  5. Kotlin
  6. Ruby
  7. JavaScript
  8. C#
  9. Swift
  10. BASIC
  11. COBOL
  12. Pascal
  13. Perl

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *