Textfield dan BasicTextField di Jetpack Compose

Jetpack Compose memiliki banyak komponent (composable function) untuk membangun antarmuka, dua diantaranya adalah TextField dan BasicTextField. Kedua komponen ini dipakai untuk menerima input dari user. Pada artikel kali ini kita akan membahas perbedaan dan persamaan keduanya.

Apa itu TextField

TextField merupakan composable yang memberikan komponen yang lengkap, sebuah field yang mengimplementasi aturan-aturan Material Design, dengan tampilan dan berbagai fitur bawaan.

Saat menggunakan TextField, kita sudah mendapatkan sebuah komponen yang cantik dengan styling yang sudah mengikuti standar Material Design. Kita sudah mendapatkan label, placeholder, error message dan lain sebagainya.

Berikut contoh penggunaan TextField.

TextField(
    value = text,
    onValueChange = { text = it },
    label = { Text("Label") },
    placeholder = { Text("Placeholder") },
    isError = isError,
    modifier = Modifier.fillMaxWidth()
)

Apa itu BasicTextField

BasicTextField bisa dibilang sebagai TextField yang lebih minim fitur dengan tampilan yang jauh lebih sederhana. Komponen BasicTextField hanya fokus pada fitur utama yaitu input teks. Tujuannya satu, memberikan kebebasan bagi developer untuk membuat text input dengan tampilan dan behavior sendiri.

Berikut conoth penggunaan BasicTextField:

BasicTextField(
    value = text,
    onValueChange = { text = it },
    modifier = Modifier
        .border(1.dp, Color.Gray)
        .padding(8.dp)
        .fillMaxWidth()
)

TextField atau BasicTextField

Karena TextField sudah memiliki standar tampilan Material Design dan beragam fitur bawaan, komponen ini cocok jika kita membutuhkan input teks standar tanpa banyak modifikasi. TextField mudah dan cepat digunakan dan fitur utama yang sering dipakai pun sudah tersedia. Namun, bila aplikasi kita ternyata tidak begitu mengikuti standar Material Design atau membutuhkan behavior yang tidak disediakan oleh TextField atau justru tidak ingin input teks nya seperti TextField, maka gunakan BasicTextField.

BasicTextField akan memberika input teks yang minimalis sehingga siap untuk dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan. Namun, perlu diketahui juga bahwa kita akan membutuhkan effort yang lebih besar untuk mengimplementasikannya.

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *